SMK Negeri Pringsurat Lepas Peserta Prakerin ke DI/DU

Praktik Kerja Industri merupakan program kegiatan yang dilaksanakan secara langsung di dunia kerja baik perusahaan institusi negeri maupun swasta, guna mengimplementasikan dari semua kompetensi kemampuan yang telah diperoleh di bangku sekolah. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan normatif dan adaptif serta kemampuan yang diperoleh secara teori dan praktik kejuruan, hingga mencapai kemampuan tingkat produktif yang mengacu pada tercapainya keahlian yang handal dan profesional.

 

Melalui Kegiatan Prakerin ( Praktik kerja Industri ) ini, selain untuk meningkatakan pengetahuan dan pengalaman dalam menerapkan teori-teori yang sudah dipelajari, siswa prakerin juga dapat menambah keterampilan, menambah pengalaman di dunia industri, menumbuhkan kedisiplinan, mampu bekerja efektif dan efisien, memperluas wawasan dan dapat mengetahui perkembangan teknologi di bidangnya masing-masing melalui observasi selama kegiatan prakerin ini berlangsung.

 

Dengan adanya program Prakerin ini dinilai sebagai langkah yang tepat, bagi siswa untuk mendapatkan kesempatan yang cukup luas, mengetahui kondisi nyata dalam industri dan juga menjadikan kerjasama yang baik dan saling menguntungkan antara siswa, guru, sekolah dan tempat prakerin.

 

Peserta Prakerin dilepas secara resmi pada saat Apel Pelepasan Peserta Prakerin, Jumat 26 Oktober 2018 bertempat di Lapangan Upacara SMK Negeri Pringsurat oleh Kepala Sekolah, Imam Syafi`i, S.TP, menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah para siswa peserta Prakerin untuk bersungguh sungguh dalam melaksanakan prakerin, serap ilmu dan pengalaman sebanyak banyaknya, dan juga tak lupa menyampaikan untuk selalu menjaga nama baik almamater.

 

Tahun Pelajaran 2018/2019 ini, SMK Negeri Pringsurat melepas 164 siswa untuk  melaksanakan program Prakerin, dengan rincian sebanyak 67 Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Multimedia, 34 Siswa Kompetensi Keahlian DPIB, 34 Siswa Kompetensi Keahlian TKJ dan 29 Siswa Kompetensi Keahlian BKP. Lokasi tempat Prakerin juga tersebar di wilayah Kabupaten Temanggung dan sekitarnya, diantaranya Kab. Magelang, Kota Magelang, Ambarawa, Ungaran, Kota Semarang dan yang lebih jauh berada di Kota Salatiga dan Kab. Klaten. Para Siswa Prakerin akan melaksanakan Program Prakerin berada di DU/DI hingga 6 bulan kedepan. Pelepasan Siswa Peserta Prakerin ditandai dengan pengalungan Identitas Tanda Peserta secara simbolis dan dilanjutkan dengan pelepasan balon warna warni yang mewakili warna identitas dari tiap Kompetensi Keahlian.

Apel Pagi dalam rangka Pelepasan Siswa Peserta Prakerin ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Waka. Bagian Hubin, Drs. Anwar Jauharin.

 

Info Mengenai Prakerin SMK Negeri Pringsurat 2018/2019, dapat dilihat di klik disini


AuthorQbee Crew