Peringati Maulid Nabi Membentuk Siswa Yang Berakhlakul Karimah

Diikuti oleh siswa kelas 10 dan 12 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Pringsurat mengikuti kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW di halaman sekolah, Selasa (19/11/2018). Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan agar siswa siswi itu bisa terus mengingat seorang Tokoh Nabi Muhamad SAW dan juga menjadikannya sebagai suri tauladan yang baik.

Hadir pada acara itu, mengikuti acara dengan khidmat dari siswa siswi maupun dewan guru. Acara yang dimulai sekitar pukul 08.30 tersebut diisi dengan berbagai agenda mulai dari penampilan rabbana dari anggota ROHIS SMK Negeri Pringsurat dan siswa kelas 12 TKK, serta dilanjutkan dengan pembacaan puisi dari 2 anggota ROHIS dan pembina ROHIS yaitu bapak Suryanto, S.Pd.

Ceramah agama peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hari ini menghadirkan Bapak Ustadz Lanang Mudadi, L.C dari Kranggan.  Pembawaan materi yang serius tapi santai, membuat jamaah pengajian antusias mengikuti materi yang disampaikan, dengan sesekali membawakan dengan gelak tawa pun terdengar. Dengan dipandu dua orang pembawa acara, kegiatan yang sakral tersebut begitu khidmat.

Dalam dakwah yang disampaikan ada beberapa poin yang dapat kita ambil di antaranya adalah:

·        Kandungan dari surat Al-Asr yaitu jika kita hanya menjadi manusia saja maka kita akan rugi, tetapi jadilah seseorang yang beriman kepada rasul untuk beramal sholeh.

·         Akal harus mengalahkan nafsu maka manusia akan menjadi orang yang sholeh/sholihah. Dan jika akal dikalahkan oleh nafsu maka manusia akan sepert binatang.

·          Ada 4 hal yang harus kita ketahui yaitu:

1.      Tidak akan bertemu di dunia dan tidak bertemu diakhirat: Yaitu Firaun, Namrud, dan Qorun. Jika sampai kita bertemu mereka kita akan masuk neraka.

2.   Bertemu di dunia dan tidak bertemu diakhirat: Yaitu para pemimpin-pemimpin dzalim karena telah menzolimi rakyat maka karena mereka membawa nafsu.

3.     Tidak bertemu di dunia dan bertemu di akhirat: Yaitu bertemu Nabi Muhamad SAW. Ada sebuah kisah pada suatu hari ada seorang anak yang dijuluki Uwais Arbari, ia adalah anak yang sholeh dan penghuni langit/surga, karena saat dia ingin bertemu dengan Nabi ia terlebih dulu di dipanggil oleh ibunya untuk pulang ke rumah padahal belum bertemu dengan Nabi dan dia menuruti kata ibunya walaupun dia sangat ingin bertemu dengan Nabi, maka dia dijuluki Uwais Arbari Al Salh

4.        Yang terakhir adalah bertemu di dunia dan bertemu diakhirat

 

Acara peringatan Maulid Nabi Muhamat SAW sangat bermanfaat bagi siswa untuk menjadi orang yang shaleh dan berakhlakul karimah, dan semoga dengan apa yang telah disampaikan bapak ustadz Lanang Mudadi, L.C dapat menginspirasi serta dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari


Author : Devita Alsa Ardhina & Defitri Askori`ah